• wisata
  • Kuliner
  • pendidikan

    Jelajah Semarang

    TVRI Jawa Tengah di Semarang

    10:30, 24 Agustus 2012 | Dibaca 1984 kali
    Kategori : Media Komunikasi, Sub kategori :
    Media Komunikasi & Pendidikan Jawa Tengah
    Televisi Republik Indonesia (TVRI) merupakan stasiun televisi pertama di Indonesia, yang mengudara sejak tahun 1962 di Jakarta. Seiring perjalanan waktu,TVRI pun berkembang ke seluruh Indonesia termasuk di Propinsi Jawa Tengah, tepatnya di kota Semarang.

    Sejarah Singkat LPP TVRI Stasiun Jawa Tengah
    Lembaga penyiaran publik TVRI Jawa Tengah semula statusnya adalah TVRI stasiun produksi keliling (SPK) Semarang yang diresmikan pada tanggal 12 Juli 1982, berdasarkan surat keputusan Direktorat Jenderal Radio Televisi dan Film Departemen Penerangan Republik Indonesia Nomer: 07/KEP/DIRJEN/RTF/1982.

    Perintisan berdirinya SPK sendiri telah dimulai sejak tahun 1970 sebagai TVRI perwakilan Jawa Tengah yang kegiatannya masih dibantu oleh TVRI Stasiun Yogjakarta dan TVRI Stasiun Pusat Jakarta.

    Kegiatan operasional TVRI SPK Semarang didukung oleh 1 unit mobil OB VAN dan 18 orang personal. Kegiatan pertama dimulai bulan agustus 1982 dengan meliput acara olah raga tenis lapangan Green Sand di Surakarta. Gedung kantor masih bergabung dengan TVRI Transmisi Gombel. Pada tahun 1984, gedung kantor pindah di jalan Sultan Agung no. 180 Semarang, dan sejak bulan april 1987 , menemmpati kantor di jalan Roro Jonggrang VII Manyaran.

    Wacana untuk medirikan stasiun penyiaran di Jawa Tengah telah muncul pada masa kepemimpinan Gubernur Soepardjo Roestam, tetapi baru terealisasi pada masa kepemimpinan Gubernur Soewardi.

    Sebagai stasiun produksi penyiaran baru, TVRI Semarang menempati gedung kantor dan studio di Pucang Gading wilayah desa Batursari kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Uji coba penyiaran dilaksanakan selama bulan maret 1995 dan siaran perdana dilaksanakan pada tanggal 1 April 1995.

    TVRI Stasiun Semarang diresmikan sebagai stasiun produksi penyiaran oleh Presiden Soeharto pada tanggal 29 Mei 1996. Tanggal 29 Mei itulah yang diambil sebagai momentum hari lahirnya TVRI Stasiun Jawa Tengah.

    Selama periode perintisan berdirinya stasiun produksi keliling sampai dengan terbentuknya lembaga penyiaran publik, dari kurun waktu tahun 1970 sampai dengan Mei 2011, TVRI Stasiun Jawa Tengah telah di pimpin oleh 1 orang kordinator perwakilan, 1 orang manager, dan 10 orang kepala stasiun.

    TVRI Semarang di masa sekarang
    LPP TVRI Jawa Tengah terus berkembang, dengan visi sebagai televisi masyarakat Jawa Tengah, dan mengemban misi sebagai media komunikasi, memberikan informasi terpercaya, mencerdaskan serta menyajikan hiburan bermutu, menguri - uri budaya jawa tengah selain itu juga meningkatkan kerjasama dengan mitra kerja dengan prinsip kesejahteraan dan saling menguntungkan. Juga membentuk lingkungan kerja yang sehat, harmonis, dan profesional bagi karyawan dan mitra kerja.

    Untuk mewujudkan visi misi, sejak tahun 2011 LPP TVRI Semarang pun mengembangkan media online yang dapat menampilkan live streaming yang dapat diakses dimana saja melalui internet.Beragam program acara disajikan mulai dari program informasi, hiburan, budaya, pendidikan dan berita.

    LPP TVRI Stasiun Jawa Tengah
    Jl. Pucang Gading, Batursari, Mranggen, Demak 59567
    Telpon: (024) 672 3059 (Sekretariat)
                (024) 672 3068 (Operasional)
                (024) 673 1051 (Liputan)
                (024) 670 7500 (Interaktif)
    Fax     : (024) 672 3059
    Email  : info@tvrijateng.com, tvrijateng@yahoo.com

    Sumber:
    - http://www.tvrijateng.com
    - asal-usul-motivasi.blogspot.com/.../asal-usul-sejarah-tvri-televisi.html